Hasil Indonesia vs Denmark di Sudirman Cup 2021: Praveen Jordan/Melati Daeva Menang, Merah Putih Juara Grup C

29 September 2021, 18:34 WIB
Penulis: Nizar Galang
Editor: Doddy Wiratama
Turnamen bulu tangkis Sudirman Cup 2021 digelar di Finlandia.
Turnamen bulu tangkis Sudirman Cup 2021 digelar di Finlandia. /Grafis M. Yusuf/Skor.id

  • Indonesia bersua Denmark dalam laga terakhir babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 di Energia Areena, Finlandia, Rabu (29/9/2021).
  • Laga ini menentukan siapa yang lolos ke perempat final Piala Sudirman 2021 sebagai juara atau runner up Grup C.
  • Indonesia akhirnya berhak melaju ke babak delapan besar Sudirman Cup 2021 sebagai juara Grup C usai menang tipis 3-2 atas Denmark.

SKOR.id - Indonesia menjalani laga terakhir babak peyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 dengan menghadapi Denmark di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Rabu (29/9/2021).

Kedua negara sejatinya sudah dipastikan lolos ke perempat final Piala Sudirman 2021 usai sama-sama meraih kemenangan pada dua laga sebelumnya.

Dengan kata lain, pertemuan Indonesia kontra Denmark kali ini lebih untuk menentukan siapa yang lolos ke babak delapan besar sebagai juara atau runner up Grup C.

Untuk memenangi laga sekaligus memastikan status juara grup C, Indonesia maupun Denmark minimal harus merebut tiga partai.

Duel pun berlangsung seru, bahkan pemenang laga harus ditentukan pada partai kelima yang memainkan nomor ganda campuran.

Partai Pertama: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya vs Mads Pieler Kolding/Frederik Sogaard

Aksi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat diturunkan pada partai ketiga babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 kontra Denmark di Energia Areena, Vantaa, Finlandia pada Rabu (29/9/2021).
Aksi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat diturunkan pada partai ketiga babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 kontra Denmark di Energia Areena, Vantaa, Finlandia pada Rabu (29/9/2021). Jnanesh Salian/Badminton Photo

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi pembuka langkah wakil Indonesia pada hari ini. Minions menghadapi duet Mads Pieler Kolding/Frederik Sogaard.

Ganda putra peringkat satu dunia ini mengawali pertandingan dengan tempo sedikit lambat, bahkan tertinggal 8-11 saat interval.

Namun, Minions mulai panas setelah jeda. Setapak demi setapak, Marcus/Kevin mengejar perolehan angka wakil Denmark dan merebut game pertama dengan skor 21-19.

Game kedua berjalan dengan seimbang. Kedua pasangan saling mengejar angka sehingga arah pertandingan menjadi tak mudah ditebak.

Kali ini, Kolding/Sogaard kembali unggul saat interval. Namun posisi mereka belum aman karena Minions hanya terpaut satu angka.

Momen kemenangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo terjadi saat mereka mendapat match point pada kedudukan 20-15.

Lewat sebuah servis pendek yang gagal diantisipasi pasangan Denmark, Minions pun mengamankan poin terakhir dan mengakhiri gim kedua dengan skor 21-15.

Partai KeduaPutri Kusuma Wardani vs Mia Blichfeldt

Putri Kusuma Wardani diturunkan untuk memperkuat Indonesia dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 kontra Denmark yang digelar Rabu (29/9/2021).
Putri Kusuma Wardani diturunkan untuk memperkuat Indonesia dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 kontra Denmark yang digelar Rabu (29/9/2021). Jnanesh Salian/Badminton Photo

Bertemu lawan tangguh dengan pengalaman lebih banyak, Mia Blichfeldt, Putri KW tertinggal cukup jauh dan baru mencetak poin pertama setelah kehilangan lima angka.

Tertinggal sangat jauh, Putri terus menyerang poin demi poin. Meski demikian, wakil Indonesia ini akhirnya harus kalah 11-21 dari Blichfeldt

Berbeda dari game pertama, Putri memberikan perlawanan sengit sejak awal game kedua dan menutup interval dengan unggul tipis 11-10.

Putri dengan senjata penempatan bola yang sulit dijangkau serta memanfaatkan kesalahan rival memaksa terjadinya rubber game setelah menangu 21-16 di game kedua.

Berpindah sisi lapangan, Putri kembali berada dalam tekanan rival layaknya yang terjadi di game pertama dan tertinggal 0-6

Banyak melakukan kesalahan sendiri membuat permainan Putri gagal berkembang dan tertinggal 3-11 saat interval.

Penampilan Putri KW sempat membaik pascainterval. Namun, ia seperti kehilangan momentum dan dimanfaatkan Bilchfeldt untuk menutup game ketiga dengan skor 21-14.

Partai Ketiga: Anthony Sinisuka Ginting vs Anders Antonsen

Anthony Sinisuka Ginting dipercaya untuk turun sebagai tunggal putra Indonesia dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 kontra Denmark pada Rabu (29/9/2021).
Anthony Sinisuka Ginting dipercaya untuk turun sebagai tunggal putra Indonesia dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 kontra Denmark pada Rabu (29/9/2021). Badminton Photo

Permainan kurang maksimal Anthony Sinisuka Ginting sudah terlihat pada awal game pertama saat menghadapi Anders Antonsen.

Anthony harus tertinggal banyak angka akibat banyaknya melakukan unforced error dan Antonsen berhasil unggul 11-5 pada interval pertama.

Usai jeda, Anthony tak bisa mengembangkan permainan. Bola tanggung dan pukulan yang kerap melebar membuat Antonsen mendulang banyak angka dan menang 21-9.

Pada game kedua, Antonsen kembali tampil dominan. Walau sempat mengalami insiden dan mendapat perawatan di bagian lututnya, Antonsen berhasil unggul atas Anthony 11-9.

Sejatinya, Anthony sudah berusaha mengubah permainan untuk lebih agresif pada game kedua. Ia bahkan berhasil mempertipis margin jadi 15-18.

Namun, tunggal putra terbaik Indonesia ini harus mengakui kehebatan Anders Antonsen yang mengakhiri game kedua dengan 21-15.

Partai Keempat: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, memberi salam ke lawan dan perangkat pertandingan kala tampil di laga Sudirman Cup 2021, Rabu (29/9/2021).
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, memberi salam ke lawan dan perangkat pertandingan kala tampil di laga Sudirman Cup 2021, Rabu (29/9/2021). Jnanesh Salian/Badminton Photo

Sejak berhasil memenangi medali emas Olimpiade Tokyo 2020, permainan Greysia Polii/Apriyani Rahayu selalu dinantikan tak terkecuali pada Sudirman Cup 2021.

Dengan posisi Indonesia tertinggal 1-2 dari Denmark, Greysia/Polii jadi harapan Skuad Cipayung untuk menyamakan kedudukan dan menjaga asa lolos sebagai juara Grup C.

Greysia/Apriyani mengawali pertandingan mereka dengan cukup baik. Setelah skor 3-3, mereka selalu bisa mempertahankan keunggulan atas Fruergaard/Thygesen.

Game pertama pun dimenangi oleh pasangan Indonesia dengan keunggulan tipis, 21-17. Dominasi Greysia/Apriyani berlanjut ke game berikutnya.

Berbekal rekor sempurna dari enam pertemuan dengan wakil Denmark, mereka unggul jauh 11-5 saat interval.

Setelah tertunda dua kali, Greysia/Apriyani akhirnya mengonversi match point menjadi poin kemenangan yang menutup game kedua dengan skor 21-9.

Partai Kelima: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Mathias Thyrri/Amelie Magelund

Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, berpose bersama setelah memastikan kemenangan Indonesia atas Denmark pada laga terakhir babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 yang digelar Rabu (29/9/2021).
Ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, berpose bersama setelah memastikan kemenangan Indonesia atas Denmark pada laga terakhir babak penyisihan Grup C Sudirman Cup 2021 yang digelar Rabu (29/9/2021). Raphael Sachetat/Badminton Photo

Unggul pengalaman menjadi modal penting Praveen/Melati dalam menghadapi pasangan dadakan Denmark, Mathias Thyrri/Amalie Magelund.

Ganda campuran terbaik Indonesia tersebut sukses unggul sejak awal pertandingan dan unggul 11-5 dan menutup gim pertama dengan skor 21-8.

Pada awal game kedua, Thyrri/Magelund mencuri dua poin pertama dan baru bisa disamakan oleh Praveen/Melati pada kedudukan 5-5.

Setelah sukses menyamakan kedudukan, pasangan berjuluk Honey Couple tersebut sukses menutup interval dengan skor 11-8.

Selepas interval, Thyrri/Magelund terus menekan dan menyamakan angka menjadi 12-12. Praveen/Melati sukses mempertahankan dominasi dan menutup gim kedua dengan skor 21-17.

Dengan hasil tersebut, Indonesia berhasil menuntaskan perlawanan Denmark dengan skor 3-2 dan berhak lolos ke perempat final Sudirman Cup 2021 sebagai juara Grup C.

Skuad Cipayung tinggal menunggu negara runner up grup mana yang bakal dihadapi di babak delapan besar, yang akan ditentukan via drawing pada Kamis (30/9/2021).

Berikut rangkuman hasil pertandingan Indonesia vs Denmark di Sudirman Cup 2021:

  1. Ganda Putra - Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya vs Mads Pieler Kolding/Frederik Sogaard: 21-19, 21-15 (36 menit)
  2. Tunggal Putri - Putri Kusuma Wardani vs Mia Blichfeldt: 11-21, 21-16, 14-21 (54 menit)
  3. Tunggal Putra - Anthony Sinisuka Ginting vs Anders Antonsen: 9-21, 15-21 (52 menit)
  4. Ganda Putri - Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fryergaard/Sara Thygesen: 21-17, 21-9 (40 menit)
  5. Ganda Campuran - Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Mathias Thyrri/Amelie Magelund: 21-8, 21-17 (33 menit)

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Bulu Tangkis Lainnya:

Link Live Streaming Sudirman Cup 2021: Indonesia vs Denmark, Misi Merah-Putih Kunci Juara Grup C

Live Update Tim Indonesia di Sudirman Cup 2021

Tag

Video

Berita Terkait

Badminton

Rabu, 15 September 2021

Kilas Balik Sudirman Cup 1989: Momen Ajaib Susy Susanti Berujung Gelar Juara untuk Indonesia

Piala Sudirman 1989 menghadirkan momen ajaib dari seorang Susy Susanti yang memantik momentum kebangkitan Indonesia di final.

Badminton

Jumat, 24 September 2021

Sudirman Cup 2021: Intip Kekuatan Lawan Indonesia di Grup C

Indonesia bakal mengawai perjuangan di Sudirman Cup 2021 dengan bersaing di Grup C bersama Denmark, ROC, dan Kanada.

Badminton

Selasa, 28 September 2021

Catatan Buruk Jonatan Christie di Sudirman Cup, Hanya Menang 1 Kali dari 6 Laga

Jonatan Christie punya catatan buruk dalam Sudirman Cup. Dari enam penampilan, dia hanya sekali menang.

Terbaru

Badminton

Minggu, 24 Oktober 2021

Rekap Hasil Denmark Open 2021: Praveen/Melati dan Tommy Kalah, Indonesia Nirwakil di Final

Indonesia tanpa wakil di partai final Denmark Open 2021 setelah Praveen Jordan/Melati Daeva dan Tommy Sugiarto tersisih di semifinal.

Badminton

Sabtu, 23 Oktober 2021

Hasil Semifinal Denmark Open 2021: Kena Comeback, Praveen/Melati Takluk di Tangan Wakil Thailand

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kalah 21-16, 17-21, 20-22 dari wakil Thailand di semifinal Denmark Open 2021.

Badminton

Sabtu, 23 Oktober 2021

Kisah Tunggal Putra Indonesia, Cedera Pinggang Usai Mati-matian di Thomas Cup 2020

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sudah merasakan cedera sebelum Indonesia juara Thomas Cup 2020.

Badminton

Sabtu, 23 Oktober 2021

Jadwal dan Link Live Streaming Semifinal Denmark Open 2021, 2 Wakil Indonesia Siap Berlaga

Indonesia menyisakan Tommy Sugiarto dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di semifinal Denmark Open 2021.

Badminton

Sabtu, 23 Oktober 2021

Rekap Hasil Denmark Open 2021: Indonesia Sisakan Praveen/Melati dan Tommy Sugiarto di Semifinal

Indonesia hanya mampu meloloskan dua wakil ke semifinal Denmark Open 2021 lewat Praveen Jordan/Melati Daeva dan Tommy Sugiarto.

Badminton

Sabtu, 23 Oktober 2021

Hasil 8 Besar Denmark Open 2021: Jonatan Christie Retired, Kento Momota Melaju ke Semifinal

Langkah Jonatan Christie dalam ajang Denmark Open 2021 terhenti di babak perempat final setelah memutuskan retired.

Badminton

Jumat, 22 Oktober 2021

Hasil 8 Besar Denmark Open 2021: Langkah Greysia Polii/Apriyani Rahayu Dihentikan Wakil Cina

Ini merupakan kekalahan perdana Greysia Polii/Apriyani Rahayu setelah menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Badminton

Jumat, 22 Oktober 2021

Hasil 8 Besar Denmark Open 2021: Bekuk Wakil Cina, Praveen Jordan/Melati Daeva Melaju ke Semifinal

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sukses melaju ke semifinal Denmark Open 2021 setelah mengalahkan Feng Ya Zhe/Du Yue (Cina).

Badminton

Jumat, 22 Oktober 2021

Hasil 8 Besar Denmark Open 2021: Fajar/Rian Tumbang di Tangan Wakil Malaysia

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah dari Goh Sze Fei/Nur Izzuddin di babak 8 besar Denmark Open 2021, Jumat (22/10/2021).

Badminton

Jumat, 22 Oktober 2021

Jadwal dan Link Live Streaming 6 Wakil Indonesia di Perempat Final Denmark Open 2021

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menjadi wakil pertama Indonesia di perempat final Denmark Open 2021, Jumat (22/10/2021).

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X