LIVE Update Hasil Uber Cup 2020: Indonesia vs Jepang, Laga Penentu Juara Grup A

12 Oktober 2021, 22:40 WIB
Penulis: Doddy Wiratama
Editor: Doddy Wiratama
Cover Thomas-Uber Cup
Cover Thomas-Uber Cup /Grafis Yusuf/Skor.id

  • Indonesia berhadapan dengan Jepang dalam laga terakhir babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar Selasa (12/10/2021).
  • Kedua negara sudah dipastikan lolos ke perempat final. Laga kali ini lebih untuk menentukan siapa yang lolos sebagai juara dan runner up Grup A.
  • Setelah melakoni duel lima partai, Indonesia harus mengakui kemenangan Jepang dengan skor telak 5-0. 

SKOR.id - Tim putri Indonesia menjalani laga terakhir babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 dengan menghadapi Jepang pada Selasa (12/10/2021).

Kedua tim sebenarnya sudah dipastikan lolos ke perempat final Piala Uber 2020 berkat kemenangan yang diraih atas kontestan Grup A lainnya, Jerman dan Prancis.

Indonesia dan Jepang tinggal saling berhadapan untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke babak delapan besar sebagai juara maupun runner up Grup A.

Partai Pertama: Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi

Bertanding melawan tunggal putri terbaik Jepang di Uber Cup 2020, Akane Yamaguchi, Gregoria Mariska Tunjung harus kalah dua game langsung 7-21, 16-21.

Akane Yamaguchi hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk menumpas perlawanan pemain binaan PB Mutiara Cardinal Bandung tersebut.

Wakil Jepang sudah mendominasi permainan sejak awal game pertama. Memasuki interval pertama, tunggal putri peringkat lima dunia itu unggul 11-5.

Setelah jeda, Gregoria makin tidak berkutik dan hanya menambah dua poin saja. Game pertama pun berakhir dengan kedudukan 21-7 untuk wakil Jepang.

Gregoria Mariska Tunjung saat diturunkan sebagai tunggal putri pertama Indonesia dalam laga kontra Jepang pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021).
Gregoria Mariska Tunjung saat diturunkan sebagai tunggal putri pertama Indonesia dalam laga kontra Jepang pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021). Yohan Nonotte/Badminton Photo

Sedangkan di game kedua, Gregoria sedikit mampu mengimbangi permainan Yamaguchi. Bahkan, dara asal Wonogiri itu sempat unggul 2-0 terlebih dahulu.

Sayangnya, Gregoria kembali mengalami kesulitan membendung permainan Yamaguchi dan akhirnya tertinggal 8-11 pada masa interval.

Lagi-lagi Gregoria melempem setelah jeda. Ia baru bangkit lagi saat Yamaguchi mencapai match poin sebelum akhirnya Yamaguchi menutup game kedua dengan skor 21-16.

Partai Kedua: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Mayu Matsumoto/Nami Matsuyama

Pasangan Fadia/Ribka sempat memimpin 2-0 di awal pertandingan tetapi perlahan disamakan, tersusul, hingga akhirnya tertinggal 8-11 saat interval.

Akurasi yang terus meleset menghadirkan masalah tersendiri untuk pasangan Indonesia ketika berhadapan dengan Matsumoto/Matsuyama setelah interval.

Meskipun terus memberikan perlawanan, Fadia/Ribka harus mengakui keunggulan pasangan dadakan Jepang dengan skor 14-21 pada game pertama.

Permainan Fadia/Ribka mengalami perubahan di game kedua. Setelah memimpin 4-0, ganda putri peringkat 34 dunia itu akhirnya menutup interval dengan skor 11-7.

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto saat diturunkan sebagai ganda putri pertama Indonesia dalam laga kontra Jepang pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021).
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto saat diturunkan sebagai ganda putri pertama Indonesia dalam laga kontra Jepang pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021). Yves Lacroix/Badminton Photo

Sempat memimpin 12-7, perlahan keunggulan wakil Indonesia terkikis. Meski begitu, Fadia/Ribka masih bisa keluar dari tekanan bahkan memimpin 19-18.

Memasuki masa krusial, konsentrasi pasangan Indonesia justru buyar saat service Siti Fadia dinyatakan fault. Kedudukan pun jadi imbang 19-19.

Momentum itu jelas tak disia-siakan oleh wakil Jepang untuk terus menekan dan mencetak poin beruntun untuk menyudahi game kedua dengan skor 21-19. 

Partai Ketiga: Putri Kusuma Wardani vs Sayaka Takahashi

Putri Kusuma Wardani sejatinya memulai laga dengan apik. Ia sempat unggul 4-0 sebelum disamakan Sayaka Takahashi pada kedudukan 5-5.

Pertandingan pun berlangsung sengit sebelum Sayaka Takahashi mampu unggul 11-9 pada masa interval. Selepas jeda, tunggal putri peringkat 15 dunia itu mulai mendominasi.

Torehan enam poin beruntun membuat Takahashi memimpin 18-10. Putri KW sempat coba memberi perlawanan tetapi akhirnya harus takluk 14-21 pada game pertama.

Putri Kusuma Wardani saat diturunkan sebagai tunggal putri kedua Indonesia dalam laga kontra Jepang pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021).
Putri Kusuma Wardani saat diturunkan sebagai tunggal putri kedua Indonesia dalam laga kontra Jepang pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021). Yves Lacroix/Badminton Photo

Situasi laga tak banyak berubah pada game kedua, Takahashi langsung tancap gas dengan empat poin beruntun. Ia menjaga tren apik itu untuk memimpin 11-7 pada masa interval.

Selepas jeda, Putri KW seolah mendapat angin kedua. Pemain ranking 126 dunia itu mampu menyamakan kedudukan menjadi 14-14 bahkan sempat balik memimpin 16-14.

Namun, Takahashi yang jauh lebih berpengalaman dapat segera keluar dari tekanan dan menyamakan kedudukan jadi 16-16. Akhir game kedua pun berlangsung alot.

Pertandingan akhirnya tuntas dalam straight game usai penempatan bola Sayaka Takahashi yang menyulitkan Putri KW membuat game kedua berakhir dengan skor 21-19.

Partai Keempat: Nita Violina Marwah/Putri Syaikah vs Yuki Fukushima/Arisa Higashino

Ganda putri kedua Indonesia ini cukup kesulitan menghadapi gempuran duo Yuki Fukushima/Arisa Higashino dengan beberapa reli panjang sejak awal game pertama.

Tertinggal telak 1-11 saat interval, perlawanan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah terhenti di poin 9-21 untuk game pertama.

Nita Violina Marwah/Putri Syaikah saat diturunkan Indonesia dalam laga kontra Jepang pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021).
Nita Violina Marwah/Putri Syaikah saat diturunkan Indonesia dalam laga kontra Jepang pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021). Yohan Nonotte/Badminton Photo

Reli panjang 86 pukulan terjadi di awal game kedua. Meski telah memberi perlawanan, serangan Fukushima/Higashino masih terlalu kuat untuk pasangan muda Indonesia. 

Usai memimpin 11-7 pada masa interval, reli panjang masih menghiasai pertandingan selepas jeda dengan wakil Jepang terus mendominasi permainan atas Nita/Putri.

Setelah berulang kali mencoba memberikan perlawanan, Nita/Putri pada akhirnya harus mengakui keunggulan wakil Jepang di game kedua dengan skor 10-21.

Partai Kelima: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Aya Ohori

Tanpa basa-basi, Aya Ohori langsung menguasai laga dan memimpin dengan skor 6-1. Tunggal putri peringkat 20 dunia itu terus mendominasi dan unggul 11-5 pada masa interval.

Selepas jeda, momentum berubah kala Ester Nurumi Tri Wardoyo mencetak empat poin beruntun. Dara 16 tahun itu terus menempel perolehan poin lawan hingga kedudukan 14-16.

Sayang, torehan poin Ester harus berhenti di angka 14 sementara Ohori dengan mantap mencetak lima poin untuk menutup game pertama dengan skor 21-14.

Aksi Ester Nurumi Tri Wardoyo kala diturunkan pada partai kelima laga Indonesia vs Jepang dalam lanjutan babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021).
Aksi Ester Nurumi Tri Wardoyo kala diturunkan pada partai kelima laga Indonesia vs Jepang dalam lanjutan babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Selasa (12/10/2021). Yves Lacroix/Badminton Photo

Memasuki game kedua, Aya Ohori kembali dapat mengendalikan pertandingan. Ia bahkan unggul 11-5 pada masa interval, skor yang sama dengan pertengahan game pertama.

Bedanya, Ohori kali ini sudah lebih mengetahui pergerakan Ester untuk kemudian diantisipasi sehingga skor ketat tak terjadi lagi.

Perolehan poin wakil Jepang itu pun terus melaju tak terbendung dan akhirnya menyudahi game kedua dengan skor telak 21-7.

Berikut hasil Indonesia versus Jepang dalam laga terakhir babak penyisihan Grup A Uber Cup 2020, Selasa (12/10/2021):

  • Tunggal 1 - Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi: 7-21, 16-21 (31 menit)
  • Ganda 1 - Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Mayu Matsumoto/Nami Matsuyama: 14-21, 19-21 (45 menit)
  • Tunggal 2 - Putri Kusuma Wardani vs Sayaka Takahashi: 14-21, 19-21 (37 menit)
  • Ganda 2 - Nita Violina Marwah/Putri Syaikah vs Yuki Fukushima/Arisa Higashino: 9-21, 10-21 (44 menit)
  • Tunggal 3 - Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Aya Ohori: 14-21, 7-21 (35 menit) 

Meski kalah 0-5 dari Jepang, Indonesia tetap berhak lolos ke perempat final Uber Cup 2020 dengan status runner up Grup A.

Lawan Indonesia pada babak delapan besar bakal ditentukan lewat proses drawing setelah semua laga penyisihan grup tuntas digelar pada Rabu (13/10/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Bulu Tangkis Lainnya:

Link Live Streaming Uber Cup 2020: Indonesia vs Jepang, Laga Penentuan Juara Grup A

Intip Lawan Indonesia di Grup A Uber Cup 2020: Jepang Terkuat, Prancis dan Jerman Berbahaya 

Tag

Video

Berita Terkait

Badminton

Senin, 11 Oktober 2021

Nandini Putri Arumni, Anggota Tim Uber Indonesia yang Menggeluti Bulu Tangkis karena Sering Nonton TV

Nandini Putri Arumni menggeluti bulu tangkis karena sering menyaksikan pertandingan bulu tangkis di televisi saat ia kecil

Badminton

Selasa, 12 Oktober 2021

Hasil Thomas Cup 2020, Indonesia vs Thailand: Shesar Hiren Rhustavito Jadi Penentu Kemenangan Dramatis Skuad Merah Putih

Indonesia menjalani duel alot kontra Thailand pada lanjutan babak penyisihan Grup A Thomas Cup 2020.

Badminton

Selasa, 12 Oktober 2021

Belum Aman, Ini Syarat Indonesia untuk Lolos ke Perempat Final Thomas Cup 2020

Indonesia belum tentu lolos ke perempat final Thomas Cup 2020 karena masih menunggu hasil pertandingan lain.

Terbaru

Badminton

Rabu, 20 Oktober 2021

Hasil Denmark Open 2021: Gregoria Mariska Lolos, Siti Fadia/Ribka Terhenti

Indonesia meloloskan wakil kedelapannya di Denmark Open 2021, Gregoria Mariska Tunjung, pada Rabu (20/10/2021).

Badminton

Selasa, 19 Oktober 2021

Rekap Hasil Denmark Open 2021: Indonesia Loloskan 6 Wakil ke 16 Besar

Selasa (19/10/2021), sebanyak enam wakil Indonesia dipastikan lolos menuju babak kedua Denmark Open 2021.

Badminton

Selasa, 19 Oktober 2021

Hasil Denmark Open 2021: Taklukkan Popov Bersaudara, Minions Amankan Tiket 16 Besar

Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo menang atas Christo Popov/Toma Popov, di babak pertama Denmark Open 2021 pada Selasa (19/10/2021).

Badminton

Selasa, 19 Oktober 2021

Hasil Denmark Open 2021: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja Tumbang di Laga Perdana

Langkah pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja terhenti babak pertama Denmark open 2021.

Badminton

Selasa, 19 Oktober 2021

Ranking BWF: Efek Thomas Cup 2020, Para Debutan Indonesia Naik Peringkat Dunia

Chico Aura Dwi Wardoyo dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin naik dua peringkat setelah Indonesia menang Thomas Cup 2020.

Badminton

Selasa, 19 Oktober 2021

Hasil Denmark Open 2021: Greysia Polii/Apriyani Rahayu Melaju Usai Atasi Wakil Malaysia

Greysia Polii/Apriyani Rahayu langsung melewati duel alot kontra wakil Malaysia pada babak pertama Denmark Open 2021.

Badminton

Selasa, 19 Oktober 2021

Jadwal dan Link Live Streaming Denmark Open 2021: 9 Wakil Indonesia Turun di Hari Pertama

Denmark Open 2021 digelar di Odense pada 19 hingga 24 Oktober 2021. Indonesia tercatat menurunkan 19 wakil dalam ajang ini.

Badminton

Senin, 18 Oktober 2021

Smash Anthony Sinisuka Ginting Setara Kecepatan Supercar Rimac Nevera

Smash pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting setara kecepatan mobil buatan Kroasia, Supercar Rimac Nevera.

Badminton

Senin, 18 Oktober 2021

Momen Taufik Hidayat di Thomas Cup, Jadi Penentu Kemenangan Indonesia atas Cina di Final 2000

Taufik Hidayat merupakan penentu kemenangan Indonesia saat mengalahkan CIna 3-0 di Final Thomas Cup 2000

Badminton

Senin, 18 Oktober 2021

Rising Star di Thomas dan Uber Cup 2020: Tunggal Putri Indonesia Curi Perhatian

Skor Indonesia memilih empat pemain putra dan putri yang menjadi rising star di ajang Thomas dan Uber Cup ini.
X